Headlines News :
Home » » Pengiriman TKI Terbanyak di Jabar Duduki Peringkat Pertama

Pengiriman TKI Terbanyak di Jabar Duduki Peringkat Pertama


JAKARTA, RIMANEWS - Anggota Komisi IX DPR RI Rieke Dyah Pitaloka menyatakan, Provinsi Jawa Barat menjadi yang pertama di Indonesia terkait pengiriman tenaga kerja Indonesia ke luar negeri atau menggeser daerah lain yang selama ini sebagai pengirim terbesar.
"Berdasarkan laporan dari BNP2TKI, saat ini beberapa kabupaten di Jabar telah menggeser daerah-daerah lain di Indonesia terkait pengiriman TKI," kata Rieke Dyah Pitaloka yang dihubungi melalui telepon selularnya, Senin (26/12/2011).
Ia mengatakan, sebelumnya provinsi yang paling banyak mengirimkan TKI ke luar negeri ialah Nusa Tenggara Barat, kemudian Jawa Timur dan Nusa Tenggara Timur.
Namun, kata Rieke, menurut keterangan yang disampaikan oleh Kepala Pusat Penelitian Pengembangan dan Informasi BNP2TKI Benyamin Suprayogo, pada 2011 tiga besar provinsi pengirim TKI ialah Jabar, Jatim dan NTB "Kalau sekarang justru Jabar di posisi pertama, asalnya Jabar ada di posisi ke empat sebagai daerah di Indonesia yang paling banyak mengirimkan TKI ke luar negeri," ujarnya.
Bergesernya posisi Jawa Barat dalam hal pengiriman TKI ke luar negeri tersebut, kata Rieke, menjadi sebuah tanda tanya tersendiri bagi dirinya.
"Ini ada apa? Padahal seperti yang kita ketahui bahwa potensi sumber daya alamnya berlimpah tapi mengapa warganya banyak yang memilih jadi TKI," katanya.
Menurut dia, berdasarkan data BNP2TKI per Maret 2011, ada lima kabupaten/kota di Jawa Barat yang menjadi daerah pengirim TKI ke luar negeri yakni Kabupaten Indramayu (39.000 orang), Kabupaten Cianjur (37.000 orang), Kabupaten Cirebon (27.000 orang), Sukabumi (25.000 orang) dan Karawang (24.000) kemudian disusul oleh Kabupaten Lombok Barat, NTB.
Rieke menambahkan, seiring dengan banyaknya jumlah TKI asal Jawa Barat yang bekerja di luar negeri maka permasalahan yang dihadapi oleh para TKI pun semakin besar.
"Angka ini juga bisa dilihat dari daftar kasus TKI. Beberapa daerah seperti Majalengka, Indramayu, Sukabumi dan Garut, tercatat sebagai daerah asal TKI yang menghadapi masalah," katanya Dia mengatakan, tak hanya kasus gaji yang tak dibayar oleh majikannya atau dokumen bermasalah, juga tercatat ada yang terkena vonis mati, bahkan kekerasan yang berujung kematian.
"Dan bahkan kasus kematian TKI dengan jenazah yang sulit dipulangkan ke tanah air. (yus/brt8)
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Google Yahoo Msn

SDM Jawa Barat

 
Support : Creating Website | mediajabaronline | mediajabaronline
Proudly powered by medijabaronline
Copyright © 2011. media jabar online - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Maediajabarnline